Beberapa Cara Mengatasi Telinga Berdenging Sebelah Kiri pada Anak-anak

Telinga berdenging bisa saja dialami oleh siapa pun, termasuk anak-anak. Telinga berdenging sebelah kiri sering banget dialami anak-anak. Hanya saja, tidak semua orang tua menyadari kalau kondisi yang disebut sebagai tinnitus itu ternyata jangan sampai dianggap sepele.

Masih banyak orang tua yang menganggapnya sepele, sehingga membiarkan saja anaknya merasakan denging pada telinga kirinya. Ketika anak mengalami denging, mereka akan mendengar suara-suara yang bukan dari lingkungan sekitar, seperti suara desiran, dengungan, atau lainnya. Kalau dibiarkan terlalu lama, justru akan membuat anak merasa terganggu melakukan aktivitasnya dan membuatnya tidak nyaman.

Penyebab telinga kiri berdenging yang biasa terjadi pada anak-anak yaitu karena ada alergi tertentu, reaksi obat, lilin telinga terlalu banyak, atau terlalu sering terkena suara-suara yang sangat keras.

Buat kamu yang punya buah hati yang sedang mengalami telinga kiri berdenging, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana di bawah ini.

Menyalakan White Noise

Cara pertama mengatasi telinga berdenging sebelah kiri yang dialami anak-anak yaitu menyalakan white noise, yaitu jenis suara yang merupakan kombinasi dari suara-suara yang dikombinasikan dengan frekuensi yang berbeda-beda dan dilakukan secara bersama-sama.

Buat telinga-telinga orang awam, suara ini akan terdengar seperti bunyi-bunyian dengungan pada umumnya. Tapi, dari penelitian yang sudah dilakukan, suara yang dihasilkannya mampu meredam suara denging pada anak-anak. Kamu bisa membuat white noise dengan menyalakan kipas angin dan dekatkan telinga anakmu pada kipasnya.

Membersihkan Penumpukan Lilin pada Telinga

Lilin yang berwarna cokelat atau kuning dalam istilah medis disebut sebagai cerumen. Banyak yang menganggap kalau lilin itu adalah kotoran telinga. Padahal, lilin itu berfungsi untuk membersihkan telinga secara alami (anti jamur dan anti bakteri).

Masalahnya, kalau lilin itu terlalu banyak atau sudah sangat menumpuk pada telinga si kecil, mereka akan merasakan telinga berdenging sebelah kiri mau pun kanannya. Tidak hanya membuat telinganya berdenging, tapi juga bisa terjadi infeksi telinga. Maka itulah, bersihkan lilinnya kalau sudah terlihat terlalu menumpuk dengan membawanya ke dokter telinga.

Periksa ke Dokter

Terkadang telinga yang berdenging pada anak-anak juga perlu dibawa ke dokter kalau kondisinya sudah semakin parah dan tidak kunjung sembuh. Telinganya harus diperiksa lebih lanjut agar bisa mengetahui masalah kesehatan yang dialaminya.

Pastikan kamu membawanya ke dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) agar pemeriksaannya lebih tepat. Nanti dokter akan menanyakan beberapa keluhannya dan mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Kalau sudah, dokter akan menanganinya dengan cara yang tepat.

Telinga berdenging sebelah kiri memang bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Kalau buah hati kamu mulai merasakan dengingan pada telinga kiri atau pun kanannya, waspadainya, apalagi kalau sudah berlangsung terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *